PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah)

Visi Kelimuan

Menjadi pusat pengembangan ilmu pendidikan dasar yang unggul dan Islami di bidang pengembangan pembelajaran berbasis literasi digital.

Tujuan

  1. Menghasilkan calon pendidik pada Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar yang memiliki kemampuan pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional untuk bidang studi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PKn yang unggul dan Islami di bidang pengembangan pembelajaran berbasis literasi digital.
  2. Menghasilkan entrepreneur bidang pendidikan dasar yang unggul dan Islami di bidang pengembangan pembelajaran berbasis literasi digital.

Strategi Pencapaian Tujuan

No Tujuan Strategi Target
1. Menghasilkan calon pendidik pada Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar yang memiliki kemampuan pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional untuk bidang studi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PKn yang unggul dan Islami di bidang pengembangan pembelajaran berbasis literasi digital a.     Melakukan workshop penyusunan kurikulum berbasis OBE.

b.    Melakukan penelitian kolaboratif dosen dengan mahasiswa untuk mengatasi permasalahan di Lembaga Pendidikan SD/MI yang terpublikasi di jurnal nasional

c.     Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas Lembaga pendidikan di SD/MI yang terpublikasi di jurnal nasional

d.    Mengintegrasikan materi perkuliahan dengan hasil penelitian dan pengabdian yang berbasis literasi digital dengan pendekatan Islam dan Sains.

a.     Menghasilkan 1 dokumen kurikulum OBE

b.    10 penelitian kolaboratif dosen dengan mahasiswa untuk mengatasi permasalahan di Lembaga Pendidikan SD/MI telah terpublikasi di jurnal nasional

c.     10 kegiatan pengabdian kepada  Masyarakat kolaboratif dosen dengan mahasiswa untuk peningkatan kualitas Lembaga pendidikan di SD/MI telah terpublikasi di jurnal nasional

d.    70% RPS mata kuliah inti keilmuan PS terintegrasi dengan hasil penelitian dan pengabdian

2 Menghasilkan entrepreneur bidang pendidikan dasar yang unggul dan Islami di bidang pengembangan pembelajaran berbasis literasi digital a.     Prodi menyediakan mata kuliah pendukung untuk menghasilkan entrepreneur bidang pendidikan dasar

b.    Melakukan workshop tentang entrepreneurship dalam bidang pendidikan dasar.

c.     Melakukan kerjasama terhadap unit-unit pendukung dalam Catur Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan entrepreneur bidang pendidikan dasar

a.     Terdapat 5 mata kuliah pendukung profil lulusan entrepreneur di bidang pendidikan dasar

b.    Menghasilkan 5 proposal Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) tentang entrepreneurship dalam bidang pendidikan dasar.

c.     Menghasilkan 5 dokumen Kerjasama untuk menghasilkan entrepreneur bidang pendidikan dasar